Tuesday, September 24, 2013

Minifig Hulk ShengYuan VS Shi Ji Yi Gao

Kiri: Minifig Hulk ShengYuan, kanan: minifig
Hulk Shi Ji Yi Gao.
Minifig Hulk ShengYuan benar-benar mirip dengan minifig Hulk Lego. Mulai dari bentuk, dekal otot dan wajah, cat, serta artikulasinya.

Dilengkapi aksesori base, satu tangan cadangan, senapan, 3 kartu bergambar Captain America, Thor, dan Iron Man.

Sayang pengerjaannya kurang presisi ada pergeseran pada bagian decal celana dan ekspresi wajah terutama di mulut. Hal itu sih dimaklum saja lah yaaa...

Karena harganya jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan minifig Hulk Lego. Minifig Hulk ShengYuan ini jual di toko online seharga Rp 30.000 saja.

Minifig Hulk Shi Ji Yi Gao punya bodi kutilang (kurus, tinggi, langsing) aksesorinya berupa 2 pistol, puzzle, dan gasing. Dibandrol dengan harga Rp 35.000, wujudnya agak mirip dg minifig Hulk Lego. Tanpa disertai rambut, cat pada bagian celana, dan hanya mengandalkan warna hijau minifig ini masih bisa diinterpretasikan sebagai sosok Hulk.

Lepas dari kekurangan tersebut minifig Hulk Shi Ji Yi Gao unggul dalam hal sendi! Ada sendi pinggang yang membuat minifig ini bisa melakukan pose yang lebih dinamis.

Selain artikulasi sendi keunggulan lainnya ada pada bagian decal, pengerjaannya lebih rapih dan presisi, pemilihan hitam pada garis otot badan lebih OK dibandingkan dengan minifig Hulk ShengYuan yang menggunakan warna hijau tua.

Hijau pada minifig Hulk Shi Ji Yi Gao lebih cerah dibandingkan dengan minifig Hulk ShengYuan. Sebenarnya banyak kelebihan pada minifig Hulk Shi Ji Yi Gao sebagai sosok Hulk.

Jika segi keotentikan dari kedua minifig Hulk tersebut dengan minifig Hulk Lego diabaikan, jelas minifig Hulk Shi Ji Yi Gao unggul.

Kiri: Minifig Hulk ShengYuan, kanan: minifig Hulk Shi Ji Yi Gao.
Minifig Hulk dari ShengYuan bisa disebut sebagai "counterfeits"  dari minifig Hulk Lego Polybags set.

Bikin tiruan dari produk asli pada jaman sekarang sangat mudah karena teknik cetak 3D pada mainan telah berkembang pesat.

Dengan modal master digital yang telah tersedia di internet seharga 35 dolar AS produk "counterfeits" bisa dibikin secara massal. Lumayan lah ya sebagai produk alternatif dari yang asli, lagi pula siapa suruh bikin minifig eksklusif?

2 comments: